PERANCANGAN SISTEM INFORMASI


Difinisi Perancangan Sistem

Perancangan sistem adalah proses perancangan untuk merancang sistem atau memperbaiki sistem yang telah ada sehingga sistem menjadi lebih baik serta dapat mengerjakan pekerjaan secara efektif dan efisien, proses rancangan bisa berupa rancangan input, rancangan output, rancangan file. 

Macam-macam model pengembangan Perancangan sistem

Metode-metode perancangan yang ditemukan oleh para ahli dan sering digunakan dalam merancang sistem adalah sebagai berikut : 

1. Model Sekuensial Linier atau Waterfall Development Model Model Sekuensial Linier atau sering disebut Model Pengembangan Air Terjun (Waterfall) merupakan salah satu model SDLC yang mempunyai ciri setiap face harus selesai dikerjakan terlebih dahulu sebelum mengerjakan face selanjutnya. Model ini merupakan paradigma model pengembangan perangkat lunak paling tua, dan paling banyak dipakai. Model ini mengusulkan sebuah pendekatan perkembangan perangkat lunak yang sistematik dan sekuensial yang dimulai tahapan-tahapan berikut : a. Requirement Analysis / Analisa Kebutuhan, fase ini berfungsi untuk memahami kebutuhan pengguna akan software apa saja, batasan software. Informasi tentang kebutuhan software di dapat melalui wawancara, survey atau diskusi. b. System Design / Desain Sistem melakukan pengambaran sistem berdasarkan hasil requirement analysis, face ini befungsi untuk memberikan gambaran apa saja yang akan dikerjakan dan bagaimana tampilannya. Pada tahap ini dapat dilihat kebutuhan hardware serta arsitektur sistem secara keseluruhan. c. Implementasi / Penulisan Kode Program, face ini membuat modul-modul software berdasarkan rancangan pada system design. d. Integration & Testing / Pengujian Program, melakukan pengujian terhadap software yang telah dibuat pada face penulisan kode program hal inidilakukan guna mengetahui apakah software yang telah dibuat sesuai dengan desain, sofrware masih terdapat kesalahan atau tidak. e. Operation & Maintance / Penerapan Program, Software yang sudah jadi dijalankan dan diperlihara. Apabila terdapat kesalahan dapat diperbaiki.

2. Model Prototype Metode Prototype merupakan suatu paradigma baru dalam metode pengembangan perangkat lunak dimana metode ini tidak hanya sekedar evolusi dalam dunia pengembangan perangkat lunak, tetapi juga merevolusi metode pengembangan perangkat lunak yang lama yaitu sistem sekuensial yang biasa dikenal dengan nama SDLC atau waterfall development model. Dalam Model Prototype, prototype dari perangkat lunak yang dihasilkan kemudian dipresentasikan kepada pelanggan, dan pelanggan tersebut diberikan kesempatan untuk memberikan masukan sehingga perangkat lunak yang dihasilkan nantinya betul-betul sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan. Perubahan dan presentasi prototype dapat dilakukan berkali-kali sampai dicapai kesepakatan bentuk dari perangkat lunak yang akan dikembangkan. Teknik-teknik Prototyping meliputi:  Perancangan Model  Perancangan Dialog  Simulasi Berikut adalah 4 langkah yang menjadi karakteristik dalam proses pengembangan pada metode prototype, yaitu:  Pemilihan fungsi  Penyusunan Sistem Informasi  Evaluasi  Penggunaan Selanjutnya Metode ini menyajikan gambaran yang lengkap dari suatu sistem perangkat lunak, terdiri atas model kertas, model kerja dan program. Pihak pengembang akan melakukan identifikasi kebutuhan pemakai, menganalisa sistem dan melakukan studi kelayakan serta studi terhadap kebutuhan pemakai, meliputi model interface, teknik prosedural dan teknologi yang akan dimanfaatkan.Berikut adalah tahapan-tahapan proses pengembangan dalam model Prototype, yaitu:  Pengumpulan kebutuhan Pelanggan dan pengembang bersama-sama mendefinisikan format seluruh perangkat lunak, mengidentifikasikan semua kebutuhan, dan garis besar sistem yang akan dibuat.  Membangun prototyping Membangun prototyping dengan membuat perancangan sementara yang berfokus pada penyajian kepada pelanggan (membuat input dan format output).  Evaluasi protoptyping Evaluasi ini dilakukan oleh pelanggan, apakah prototyping yang sudah dibangun sudah sesuai dengan keinginan pelanggan atau belum. Jika sudah sesuai, maka langkah selanjutnya akan diambil. Namun jika tidak, prototyping direvisi dengan mengulang langkah-langkah sebelumnya.  Mengkodekan sistem Dalam tahap ini prototyping yang sudah di sepakati diterjemahkan ke dalam bahasa pemrograman yang sesuai.  Menguji sistem Setelah sistem sudah menjadi suatu perangkat lunak yang siap pakai, kemudian dilakukan proses Pengujian. Pengujian ini dilakukan dengan White Box, Black Box, Basis Path, pengujian arsitektur, dll.  Evaluasi Sistem Pelanggan mengevaluasi apakah perangkat lunak yang sudah jadi sudah sesuai dengan yang diharapkan. Jika ya, maka proses akan dilanjutkan ke tahap selanjutnya, namun jika perangkat lunak yang sudah jadi tidak/belum sesuai dengan apa yang diharapkan, maka tahapan sebelumnya akan diulang.  Menggunakan sistem Perangkat lunak yang telah diuji dan diterima pelanggan siap untuk digunakan.

3. Model Rapid Application Development (RAD) Rapid Aplication Development (RAD) adalah sebuah model proses perkembangan perangkat lunak sekuensial linier yang menekankan siklusperkembangan yang sangat pendek (kira-kira 60 sampai 90 hari). Model RAD ini merupakan sebuah adaptasi “kecepatan tinggi” dari model sekuensial linier dimana perkembangan cepat dicapai dengan menggunakan pendekatan konstruksi berbasis komponen. Berikut adalah tahapan-tahapan proses pengembangan dalam model Rapid Application Development (RAD), yaitu:  Bussiness Modeling Fase ini untuk mencari aliran informasi yang dapat menjawab pertanyaan berikut: Informasi apa yang mengendalikan proses bisnis? Informasi apa yang dimunculkan? Di mana informasi digunakan? Siapa yang memprosesnya?  Data Modeling Aliran informasi yang didefinisikan sebagai bagian dari fase bussiness modeling disaring ke dalam serangkaian objek data yang dibutuhkan untuk menopang bisnis tersebut. Karakteristik (atribut) masing-masing objek diidentifikasi dan hubungan antar objek-objek tersebut didefinisikan.  Proses Modeling Aliran informasi yang didefinisikan di dalam fase data modeling ditransformasikan untuk mencapai aliran informasi yang perlu bagi implementasi sebuah fungsi bisnis. Gambaran pemrosesan diciptakan untuk menambah, memodifikasi, menghapus, atau mendapatkan kembali sebuah objek data.  Aplication Generation Selain menggunakan bahasa pemrograman generasi ketiga, RAD juga memakai komponen program yang telah ada atau menciptakan komponen yang bisa dipakai lagi. Ala-alat bantu bisa dipakai untuk memfasilitasi konstruksi perangkat lunak.  Testing dan Turnover Karena proses RAD menekankan pada pemakaian kembali, banyak komponen program telah diuji. Hal ini mengurangi keseluruhan waktu pengujian. Tetapi komponen baru harus diuji dan semua interface harus dilatih secara penuh.

4. Model Evolutionary Development / Evolutionary Software Process Models Model Evolutionary Development bersifat iteratif (mengandung perulangan). Hasil prosesnya berupa produk yang makin lama makin lengkap sampai versi terlengkap dihasilkan sebagai produk akhir dari proses. Model Evolutionary Development/Evolutionary Software Process terbagi menjadi 2, yaitu:  Model Incremental Model Incremental merupakan hasil kombinasi elemen-elemen dari model waterfall yang diaplikasikan secara berulang, atau bisa disebut gabungan dari Model linear sekuensial (waterfall) dengan Model Prototype. Elemen-elemen tersebut dikerjakan hingga menghasilkan produk dengan spesifikasi tertentu kemudian proses dimulai dari awal kembali hingga muncul hasil yang spesifikasinya lebih lengkap dari sebelumnya dan tentunya memenuhi kebutuhan pemakai. Model ini berfokus pada penyampaian produk operasional dalam Setiap pertambahanya. Pertambahan awal ada di versi stripped down dari produk akhir, tetapi memberikan kemampuan untuk melayani pemakai dan juga menyediakan platform untuk evaluasi oleh pemakai. Model ini cocok dipakai untuk proyek kecil dengan anggota tim yang sedikit dan ketersediaan waktu yang terbatas. Pada proses Pengembangan dengan Model Incremental, perangkat lunak dibagi menjadi serangkaian increment yang dikembangkan secara bergantian.  Model Spiral / Model Boehm Model ini mengadaptasi dua model perangkat lunak yang ada yaitu model prototyping dengan pengulangannya dan model waterfall dengan pengendalian dan sistematikanya. Model ini dikenal dengan sebutan Spiral Boehm. Pengembang dalam model ini memadupadankan beberapa model umum tersebut untuk menghasilkan produk khusus atau untuk menjawab persoalan-persoalan tertentu selama proses pengerjaan proyek. Tahap-tahap model ini dapat dijelaskan secara ringkas sebagai berikut:  Tahap Liason: pada tahap ini dibangun komunikasi yang baik dengan calon pengguna/pemakai. 6|Perancangan Sistem Informasi Akuntansi  Tahap Planning (perencanaan): pada tahap ini ditentukan sumbersumber informasi, batas waktu dan informasi-informasi yang dapat menjelaskan proyek.  Tahap Analisis Risiko: mendefinisikan risiko, menentukan apa saja yang menjadi risiko baik teknis maupun manajemen.  Tahap Rekayasa (engineering): pembuatan prototipe.  Tahap Konstruksi dan Pelepasan (release): pada tahap ini dilakukan pembangunan perangkat lunak yang dimaksud, diuji, diinstal dan diberikan sokongan-sokongan tambahan untuk keberhasilan proyek.  Tahap Evaluasi: Pelanggan/pemakai/pengguna biasanya memberikan masukan berdasarkan hasil yang didapat dari tahap engineering dan instalasi.

5. Framework the Application of System Thinking (FAST) Framework the Application of System Thinking merupakan kerangka cerdas yang cukup fleksibel untuk menyediakan beberapa tipe proyek maupun stategi dan berisi gabungan dari praktik-praktik penggunaan metode pengembangan sistem yang dapat ditemui dalam banyak metode referensi dan komersial. FAST terdiri dari beberapa fase yaitu:  Definisi Lingkup, analisi masalah, analisis kebutuhan/persyaratan, desain logis,  fase peralihan (analisis keputusan),  fase implementasi (desain dan integrase fisik, konstruksi dan pengujian, dan instalasi dan pengiriman) Tahap-tahap model ini dapat dijelaskan secara ringkas sebagai berikut:  Scope Definition Fase ini menentukan ukuran dan batas batas proyek, visi proyek, semua batasan atau limit, partisipan proyek yang dibutuhkan, anggaran, dan jadwal. Metode PIECES merupakan kerangka kerja yang digunakan untuk klasifikasi permasalahan yang ada berdasarkan kategori yang disebutkan dalam tiap hurufnya Performance, Information, Economic, Control, Efficiency, Service  Problem Analysis Purwanto SE, MCs|7 Fase analisis masalah mempelajari sistem yang ada dan menganalisa temuan-temuan untuk menyediakan tim proyek dengan pemahaman yang lebih mendalam akan masalah masalah yang akan memicu proyek  Requirement Analysis Fase ini sangat penting dalam menciptakan sistem informasi baru. Sistem baru akan selalu dievaluasi, terutama seberapa besar persyaratan yang telah dipenuhi oleh sistem tersebut.  Logical Design Fase logical design atau desain logis merupakan aktifitas lebih lanjut mengenai dokumen kebutuhan bisnis menggunakan model sistem yang menggambarkan struktur data, bisnis proses, alur data, dan antar muka pengguna. Dalam fase ini dapat digunakan diagram-diagram seperti UML, Flowchart, DFD, ERD. Hal yang perlu ada adalah: 1) menggambarkan aturan bisnis, 2) model konsep data, 3) model fisik, 4) analisis konsisten, 5) pengujian kesesuaian berfokus pada kebutuhan dan perancangan sistem. 

Sumber:https://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/19131/2/BOOK_Purwanto_Perancangan%20SIA_Bab%20I.pdf

https://www.academia.edu/7371221/Perancangan_Sistem_Informasi

Komentar

Postingan Populer