Specification of services and business models dan service management system


1. Specification of services

Service adalah setiap kegiatan yang diperuntukkan atau ditujukan untuk memberikan kepuasan melalui pelayanan yang diberikan seseorang secara memuaskan.Hasil yang diinginkan pelanggan untuk mencapai ini adalah alasan mengapa mereka membeli atau menggunakan Service.Nilai layanan kepada pelanggan secara langsung tergantung pada seberapa baik layanan memfasilitasi hasil ini.

2. business models

Model bisnis adalah suatu model yang menjelaskan dan menjabarkan bagaimana sebuah perusahaan dapat bergerak dan berkembang untuk memperoleh keuntungan. Menurut ahli, sebuah model atau gambaran suatu bisnis harus ada 3 karakteristik utama, yaitu sesuai dengan tujuan perusahaan, tangguh dan handal, dan mampu memperkuat model itu sendiri.

Replikasi, substitusi, ketidakfokusan terhadap pasar, dan terbacanya kekuatan model usaha yang digunakan oleh perusahaan dapat menjadi faktor penentu keberhasilan sebuah perusahaan.di teknologi yang semakin maju ini, bisnis makin berkembang sehingga menghasilkan 4 macam model bisnis yang dinamakan The New Economy, yaitu:

    1. Business to Business atau B2B

        yaitu perusahaan yang menjual barang atau jasa ke perusahaan lain.

    2. Business to Consumer atau B2C

        yaitu perusahaan yang menjual barang atau jasa ke publik.

    3. Consumer to Consumer atau C2C

        yaitu perorangan yang menjual produknya atau jasa ke perorangan juga.

    4. Consumer to Business atau C2B

        yaitu perorangan yang menjual barang atau jasa kepada perusahaan.


3. service management system

Manajemen layanan dalam konteks manufaktur, diintegrasikan ke dalam manajemen rantai pasokan sebagai persimpangan antara penjualan aktual dan sudut pandang pelanggan. Tujuan dari manajemen layanan berkinerja tinggi adalah untuk mengoptimalkan rantai pasokan padat-layanan, yang biasanya lebih kompleks daripada rantai pasokan barang jadi pada umumnya. Sebagian besar rantai pasokan padat layanan memerlukan inventaris yang lebih besar dan integrasi yang lebih erat dengan layanan lapangan dan pihak ketiga. Mereka juga harus mengakomodasi permintaan yang tidak konsisten dan tidak pasti dengan menetapkan informasi dan arus produk yang lebih maju. Selain itu, semua proses harus dikoordinasikan di berbagai lokasi layanan dengan sejumlah besar suku cadang dan berbagai tingkat dalam rantai pasokan.

Di antara pabrikan biasa, layanan purnajual (pemeliharaan, perbaikan, dan suku cadang) menyumbang kurang dari 20 persen pendapatan. Namun di antara perusahaan paling inovatif dalam layanan, aktivitas yang sama sering kali menghasilkan lebih dari 50 persen keuntungan.
Referensi: 

http://anomadjitkj.blogspot.com/2020/04/specification-of-services-and-business.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Service_management
https://qwords.com/blog/model-bisnis/#:~:text=Model%20bisnis%20adalah%20suatu%20model,dan%20berkembang%20untuk%20memperoleh%20keuntungan.

Komentar

Postingan Populer